Saturday, March 22, 2008

Magyk



Judul: Septimus Heap- Magyk (Book 1)
Pengarang: Angie Sage
Genre: Children, fantasy
Bahasa: Indonesia (original: Inggris)

SINOPSIS

Septimus dinyatakan mati di malam kelahirannya. Di hari yang sama, ayahnya, Silas Heap menemukan bayi perempuan bermata violet. Dalam perjalanannya, Silas bertemu Marcia Overstrand sang Penyihir Luar Biasa. Dia berpesan “Jangan katakan pada siapapun kalau kau menemukannya. Bayi itu dilahirkan sebagai anakmu. Mengerti?”

Sepuluh tahun kemudian, keadaan di dunia yang penuh keajaiban itu mengalami kekacauan. Keluarga Heap beserta Marcia Overstrand dan penyihir lainnya harus berhadapan dengan penyihir Gelap yang dipimpin oleh DomDaniel.

***

PENGHARGAAN:
Salford Children’s Book Award (SCBA) winner 2006
Parent Choice Gold Winner 2006

COMMENT

Gua sih gak ngerti kenapa orang - orang suka membandingkan buku ini dengan Harry Potter (bahkan comment di cover belakang novelnya juga bilang begitu) sementara menurut gua, novel ini bagus dengan caranya sendiri.
Well...menurut gua kalo dibandingin sama Hary Potter sih, kayaknya buku ini susah deh menyamai sukses Harry Potter (at least di Indonesia). Gua rasa salah satu kelebihan Harry Potter adalah settingnya yang masih di Inggris juga, di suatu tempat yang terasa dekat dengan kita, yang masih membahas orang - orang biasa non sihir (aka muggle). Hal ini bikin anak - anak banyak yang berkhayal seandainya mereka bisa kayak Harry ato Hermione, tiba - tiba menemukan kenyataan bahwa mereka punya bakat sihir dan ada dunia penyihir di sekeliling mereka. Makanya Harry Potter terasa begitu real.

Sementara Magyk dari awal sudah bercerita tentang dunia tersendiri. Suatu dunia yang isinya para penyihir, boggart, makhluk2 lain, dan juga orang biasa. Dunia yang rasanya keberadaan dunia kita gak pernah exist. Suatu dunia yang cuma ada dalam fantasi dan jadi kerasa jauh.

Point kedua , cerita Harry Potter tuh gak gampang ditebak, bahkan untuk orang dewasa sekalipun (ada yang bisa nebak klo Profesor Quirrel ternyata membawa Voldemort di belakang kepalanya), sementara alur cerita Magyk bisa langsung ketebak di bab-bab awal. Bahkan siapa Septimus Heap sebenarnya pun udah bisa ketebak.

Tapi di luar itu, ceritanya menarik. Gaya bahasanya ringan dan mengalir, jadi walaupun tebal, buku ini bisa habis dibaca dalam waktu singkat.

Adanya makhluk2 baru juga bikin cerita jadi menarik. Menurut gua, buku ini worth to wait kok untuk ditunggu lanjutannya (Oke deh ngaku. Sebenarnya gua paling suka dengan covernya ). Tapi jangan terlalu ngarepin cerita yg keren ato ribet & gak ketebak coz buku ini benar2 buat anak2.

1 comment :

  1. Mungkin dikaitkan ma Harry Potter jadi ga perlu repot2 promoin nih buku tentang apa karena tiap orang tau Harry Potter :))

    ReplyDelete